Syarat & Ketentuan

Hayumarket.com adalah situs yang dikelola oleh PT. EKOSISTEM PASAR DIGITAL. Dengan mengakses dan menjadi pengguna, anda memahami dan menyetujui setiap syarat dan ketentuan yang tertera di bawah ini.

Untuk dipahami dan disetujui bahwa manajeman hayumarket.com dapat menambah, mengubah, dan atau menghapus syarat dan ketentuan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Syarat dan Ketentuan perlu dibaca secara berkala. Selama anda menggunakan situs Hayumarket.com setelah ada perubahan syarat dan ketentuan, maka penggunaan situs berdasarkan kepatuhan pada syarat dan ketentuan terbaru.

Pasal 1. Pengertian Istilah

1PT. EKOSISTEM PASAR DIGITAL adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan usaha situs hayumarket.com, support.hayumarket.com yakni sebuah marketplace yang menjual produk digital yang dijual oleh penjual yang terdaftar. Selanjutnya disebut Hayumarket.

2Hayumarket.com adalah situs Hayumarket.

3Support.hayumarket.com adalah situs pelayanan pengguna Hayumarket.

4Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara pengguna baik pembeli maupun penjual dengan Hayumarket, yang berisi setiap aturan yang mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak.

5Pengguna adalah pihak yang menggunakan situs Hayumarket, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual, ataupun pihak lain yang mengunjungi situs Hayumarket.

6Pembeli adalah pengguna yang terdaftar pada situs Hayumarket dan melakukan permintaaan atas barang yang dijual oleh Penjual.

7Penjual adalah pengguna yang terdaftar pada situs Hayumarket dan melakukan penawaran atas barang kepada pembeli yang terdaftar pada situs Hayumarket.

8Barang adalah benda berwujud atau tidak berwujud (digital) yang dapat dikirimkan melalui sistem Hayumarket dari Penjual kepada Pembeli.

9Rekening resmi Hayumarket adalah rekening yang terdapat pada platform hayumarket.com.

Pasal 2. Keamanan

1Hayumarket tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.

2Pengguna dapat berperan sebagai Pembeli dan Penjual.

3Hayumarket tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa penonaktifan akun pengguna dan/atau penghapusan akun pengguna.

4Hayumarket memiliki kewenangan untuk menutup toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Hayumarket.

5Hayumarket memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian reputasi, data pengguna apabila diperlukan demi meningkatkan layanan Hayumarket.

6Hayumarket memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Hayumarket Pengguna apabila ditemukan/diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Hayumarket.

7Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

8Hayumarket tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Hayumarket menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Hayumarket atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

9Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Hayumarket tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.

10Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.

11Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Hayumarket, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Penjual; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (iv) penambahan produk ke etalase; dan/atau (v) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

Pasal 3. Transaksi Pembelian

1Pembeli dapat melakukan transaksi Pembelian pada situs Hayumarket dengan melakukan integrasi terlebih dahulu melalui koneksi yang disediakan oleh Hayumarket.

2Pembeli harus melakukan pengisian saldo sebelum melakukan transaksi, dengan melakukan pembayaran ke rekening Hayumarket.

3Setiap saldo yang sudah diterima pada akun Pembeli tidak dapat diuangkan kembali.

4Setiap transaksi yang terjadi akan memotong saldo pada akun Pembeli. Apabila transaksi tersebut dinyatakan gagal, maka akan dikembalikan ke saldo akun Pembeli.

5Apabila saldo yang terdapat pada akun Pembeli tidak mencukupi untuk melakukan transaksi Pembelian, maka setiap transaksi yang terjadi akan gagal secara otomatis.

6Hayumarket berhak menolak setiap pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika ditemukan ada indikasi kecurangan atau pelanggaran hukum di Indonesia terkait aliran dana yang terjadi.

7Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Hayumarket. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.

8Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

9Setiap permasalahan yang terjadi antara Pembeli dan Penjual terkait barang yang dibeli, menjadi tanggung jawab masing-masing pihak. Hayumarket hanya berperan sebagai mediator.

10Hayumarket berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Hayumarket adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

Pasal 4. Transaksi Penjualan

1Penjual dilarang melakukan manipulasi harga dan menjual barang yang dilarang pada ketentuan Pasal 7. Jenis Barang.

2Setiap transaksi penjualan yang berhasil, akan ditambahkan ke saldo Penjual setelah dikurangi komisi yang telah ditetapkan oleh Hayumarket.

3Dalam hal terdapat transaksi yang mencurigakan, Hayumarket berhak menahan saldo Penjual sampai mendapat keterangan dan penjelasan dari Pihak Penjual dan Pembeli.

4Hayumarket berhak menahan saldo Penjual apabila terdapat indikasi kecurangan oleh Pihak Penjual.

5Setiap permasalahan yang terjadi antara Pembeli dan Penjual terkait barang yang dibeli, menjadi tanggung jawab masing-masing pihak. Hayumarket hanya berperan sebagai mediator . Hayumarket berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Hayumarket adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

6Hayumarket berhak menonaktifkan produk dari penjual yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pasal 5. Komisi

1Hayumarket memberlakukan sistem biaya untuk setiap transaksi yang berhasil. Biaya dibebankan kepada Penjual.

2Besaran biaya tercantum pada situs Hayumarket.

3Setiap perubahan sistem komisi akan diberitahukan paling lambat 1 minggu sebelum sistem komisi yang baru diberlakukan.

Pasal 6. Penarikan Dana

1Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja. Sedangakan untuk penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.

2Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank yang tersedia pada sistem hayumarket, apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.

3Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Hayumarket, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Hayumarket berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.

4Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam ayat 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Hayumarket.

Pasal 7. Jenis Barang

Berikut ini adalah barang-barang yang dilarang untuk diperjualbelikan pada situs Hayumarket :

1Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

2Uang Tunai.

3Segala produk digital yang tidak memiliki entitas legal dan bersumber dari penyedia yang tidak dapat diverifikasi entitas legalitasnya.

4Uang Elektronik yang belum memiliki izin dari Bank Indonesia.

5Barang yang bersifat fiktif.

Pasal 8. Harga

1Seluruh harga yang tercantum pada situs Hayumarket dalam mata uang Rupiah.

2Harga barang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.

3Penjual dilarang untuk menetapkan harga yang tidak wajar pada situs Hayumarket. Hayumarket berhak melakukan pemeriksaan, penurunan produk atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.

4Pembeli memahami bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharui halaman situs Hayumarket dikarenakan browser / ISP yang dipakai Pembeli sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pembeli.

5Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Hayumarket.

Pasal 9. Pajak

1Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.

2Hayumarket tidak memberikan faktur pajak kepada pembeli, Hayumarket bersifat perantara antara Penjual dengan Pembeli. Pembeli dapat menghubungi langsung pihak Penjual terkait hal-hal yang berhubungan dengan pajak.

3Pengguna dan Hayumarket setuju untuk melakukan kewajiban pajak masing-masing sesuai ketentuan dan peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.

4Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

Pasal 10. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan Hayumarket dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Hayumarket (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Hayumarket yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Pasal 11. Kepatuhan Terhadap Hukum

1Keabsahan dan penyusunan Syarat dan Ketentuan, serta pelaksanaan kegiatan Pengguna berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini haruslah diatur dan diinterpretasikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.

2Pengguna setuju untuk mematuhi semua hukum, undang-undang, ordonansi, dan peraturan terkait penggunaan fitur pembelian atau pengembalian Pengguna dari Situs ini.

3Hayumarket dapat melaporkan perbuatan aktual atau yang dianggap melanggar pelaksanaan hukum atau otoritas yang sesuai.

4Jika Hayumarket mengetahui, melalui keluhan atau lainnya, kemungkinan atau dugaan pelanggaran terhadap Persyaratan ini atau Persyaratan dan Ketentuan dari Situs ini, Hayumarket dapat (namun tidak wajib) melakukan investigasi untuk menentukan sifat dan tingkat pelanggaran yang diduga dan tindakan penegakan hukum yang semestinya, selama investigasi tersebut berlangsung, Hayumarket dapat menghentikan sementara layanan untuk Pengguna jika Pengguna terlibat penghapusan atau menghapus materi apa pun dari server Hayumarket. Pengguna setuju untuk bekerja sama sepenuhnya dengan segala investigasi tersebut. Pengguna mengetahui bahwa pelanggaran Persyaratan ini atau Persyaratan dan Ketentuan dari Situs dapat dianggap sebagai tindakan Pidana ataupun melanggar hukum Perdata.

Pasal 12. Penolakan Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

1Hayumarket adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di situs Hayumarket. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Hayumarket, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Hayumarket secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

2Hayumarket selalu berupaya untuk menjaga Layanan Hayumarket aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Hayumarket memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

3Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Hayumarket atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Hayumarket diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA”

4Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Hayumarket (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

5Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Hayumarket (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Hayumarket bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

aPenggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Hayumarket.

bHarga atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Hayumarket.

cKeterlambatan atau gangguan dalam Layanan Hayumarket.

dKelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.

ePelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

fPerselisihan antar pengguna.

gPencemaran nama baik pihak lain.

hSetiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.

iKerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Hayumarket, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan Hayumarket ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

jVirus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Hayumarket.

kGangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Hayumarket.

lKerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap Layanan Hayumarket.

mIsi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Hayumarket yang diduga palsu.

nTindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

oAdanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

Pasal 13. Force Majeure

1Fource Majeure dalam Perjanjian ini berarti peritiwa yang terjadi di luar kemampuan manusia normal untuk mencegahnya termasuk akan tetapi tidak terbatas pada kecelakaan, bencana alam, huru-hara, kebakaran, banjir, ledakan, pemogokan massal, perang, embargo, perubahan peraturan perundang-undangan, perubahan kebijakan pemerintah, dan peristiwa lain apapun di luar kekuasaan Para Pihak yang menyebabkan Para Pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya sesuai dengan Perjanjian ini, termasuk peristiwa-peristiwa yang walaupun masih dalam kemampuan Para Pihak untuk mencegahnya, namun akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi Para Pihak.

2Dalam hal terjadi keadaan Force Majeure, masing-masing Pihak harus memberitahukan mengenai Force Majeure tersebut kepada Pihak lainnya dalam waktu selambat-lambatnya 3 x 24 jam sejak timbulnya keadaan tersebut.

3Dalam hal terjadinya sesuatu keadaan Force Majeure yang mengakibatkan salah satu Pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya yang tercantum dalam Perjanjian ini, atau apabila Force Majeure tersebut menyebabkan kewajiban salah satu Pihak tertunda, maka kewajiban Pihak tersebut berdasarkan Perjanjian ini akan diperpanjang untuk jangka waktu selama berlangsungnya keadaan Force majeure tersebut tanpa mengurangi kewajiban berdasarkan Perjanjian ini.